Resiko Custom Domain dan Solusinya

Posted by Herman on Tuesday, June 15, 2010 14 comments

custom domainBerhubung ada yang bertanya kepada saya, apakah ada efek samping dari custom domain dan bagaimana cara mengatasinya maka saya rasa tidak ada salahnya saya berbagi disini barangkali ada sobat lain yang juga membutuhkannya.

Custom domain adalah istilah mengganti alamat blog subdomain menjadi top level domain (TLD). Misalnya dari namabloganda.blogspot.com atau namabloganda.wordpress.com menjadi namabloganda.com.

Dengan mengcustom domain menjadi nama domain sendiri tentunya blog kita akan terlihat lebih profesional dan unik karena tidak ada embel-embel blogspot atau wordpress di belakang nama yang notabene dapat dimiliki oleh siapapun dengan mudah dan gratis.

Namun untuk mendapatkan itu, tentu ada harga yang harus dibayar apalagi kalau bukan biaya beli domain dan biaya perpanjang yang harus ditanggung setiap tahunnya.

Tapi jika anda ingin membuat blog bisnis atau blog untuk menjual barang dan jasa maka menggunakan domain sendiri sangat penting karena akan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadap bisnis anda.

Lagipula harga domain saat ini juga tidak terlalu mahal. Untuk domain kelas dunia seperti .com harganya hanya sekitar Rp80.000 - Rp 100.000 per tahun jadi jangan mempertaruhkan bisnis anda dengan domain gratisan.

Lalu adakah efek samping setelah custom domain? Jawabannya, ADA yaitu blog anda akan menjadi seperti bayi yang baru lahir dimana semua backlink, Pagerank, Alexa rank dan rangking-rangking lainnya yang telah anda peroleh akan hilang.

Nah hal ini tentu akan mempengaruhi penghasilan bagi blogger yang memanfaatkan blognya untuk mengikuti program monetisasi seperti paid review, paid link atau sejenisnya. Untuk mengatasi hal ini, berikut ada beberapa hal yang harus dilakukakan setelah custom domain antara lain:

1. Daftar ulang alamat blog anda pada mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan MSN. Belum tahu caranya baca disini.

2. Edit alamat blog anda pada situs direktori yang pernah anda daftar sebelumnya. Misalnya, technorati, blog catalog, blogtoplist, dan sebagainya.

3. Edit alamat blog anda pada Feedburner jika anda menggunakan layanan RSS feed dari mereka.

4. Submit kembali blog anda di Google sitemap dan Yahoo sitemap

4. Ganti link tautan pada postingan anda dengan alamat blog anda yang baru.

5. Jika anda pernah melakukan link exchange dengan blogger lain maka beritahu mereka untuk segera mengganti link dengan alamat blog anda yang baru

6. Ganti juga alamat blog pada link dan banner exchange anda

Selain yang disebutkan diatas tentunya masih banyak cara-cara lain tergantung dimana anda memasang link blog anda. Kalau anda sudah lupa, anda bisa mencarinya melalui search engine dengan mengetik alamat blog anda pada kotak pencari. Contoh, http://namabloganda.blogspot.com. Dalam seketika semua situs yang memasang link blog anda akan muncul. Kunjungi situs-situs yang pernah anda pasangi link blog anda lalu ganti dengan yang baru.

Intinya adalah ubah semua alamat url blog anda yang lama menjadi yang baru agar pada saat update pagerank berikutnya, Pagerank (PR) blog anda dapat kembali seperti semula.

Bagi yang mau menambahkan dipersilahkan mengisi kolom komentar dibawah ini. Terima kasih


Recent Posts:

14 comments

linuxer said... 17 June, 2010
trus dengan migrasikan seluruh postingan ke domain baru apa tidak pengaruh dengan crawler yang dah nyimpen content kita?
Aboh Eka said... 18 June, 2010
Nanya keluar jalur nih, Mas Herman..
Gimana sih pasang plugin Comluv di blogger lewat Intensedebate..? Jika sempet jalan2 dong ke blog saya.
pengantin siberia said... 18 June, 2010
mas herman, salam kenal.. saya sdh Follow Blog mas herman, tolong Follow balik blog saya ya..

trims,

Bowo
herman said... 18 June, 2010
@linuxer:
Dari pengamatan saya, setelah custom domain memang posisi konten di halaman search engine akan berpengaruh dimana url konten yang sebelumnya berada di halaman pertama serp akan hilang tp hanya beberapa hari saja. setelah itu akan kembali normal lg. kalau mau cepat sering-seringlah lakukan ping stlh posting. coba gunakan pingoat.net untuk melakukan ping.

@aboh eka:
Saya pelajari dulu ya.. kalau memungkinkan akan saya post tutorialnya di blog ini :)

@pengantin siberia:
akan saya follow balik. thanks
triiz said... 27 June, 2010
nice info mas...


salam persahabatan ,-
wedding forever said... 08 August, 2010
terima kasih utk masukan resiko costum domainnya, kebetulan saya sedang mencari resiko jika sering menganti tittle blog dan keyword pada blog, kira2 apa yah resikonya, dan utk normalnya apakah ada batasnya, seperti contoh misalnya 3 bln hanya boleh 1x, dsb. Makasih utk pencerahannya
Karawang said... 31 October, 2010
makasih banyak penjelasannya bos.. kerja keras lagi ya :D
Anonymous said... 01 December, 2010
Thanks for good stuff
eko susilo said... 18 June, 2011
mantap gan infonya
yukara said... 19 June, 2011
slm kenal mas. mau nanya nih. setelah melakukan custom domain blog saya di blogspot PR nya kok jadi N/A ya, apakah solusinya sama dg yg diatas?
klo semapt mampir ke blog sy mas http://www.houseoftravellers.com
Feri Yunus Madao said... 11 July, 2011
Kalau kita udah costum domain, alamat blog kita yg lama di blogspot, bisa diambil orang lain gak?
anggafirmansyah1 said... 12 February, 2012
Tips nya Mantap sob...
Sangat Membantu..
sakahayang.com said... 07 April, 2012
untung saya begitu bikin blog langsung pakai custom domain ,,,
mobilku.org said... 02 November, 2012
pengunjung ane jadi tinggal sepertiga setelah custome domain,,,apa memang efeknya gitu atau kesalahan saya optimasi domain yang baru???

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment